Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

25 tahun Bunga Rafflesia

Selasa, 09 Januari 2018 ~ Oleh operator2 ~ Dilihat 194 Kali

Tahukah kamu bunga Rafflesia Arnoldii merupakan satu dari tiga jenis bunga yang dinyatakan sebagai Bunga Nasional?

Bersama dengan dua bunga lainnya, yakni Melati dan Anggrek bulan, bunga yang memiliki ciri khas bau tak sedap ini dinyatakan sebagai Bunga Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang diteken oleh Presiden Soeharto.

Ya, hari ini, Selasa (9/1/2018) Google turut merayakan 25 tahun ditetapkannya Rafflesia Arnoldii sebagai Bunga Nasional Indonesia, yang kemudian dikukuhkan penyebutannya sebagai Padma Raksasa yang merupakan puspa langka.

Adapun padma raksasa ditemukan pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Oleh karena itu, penamaan bunga Rafflesia Arnoldii pun diambil dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pimpinan ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga. Demikian yang dikutip dari laman Wikipedia, Selasa (9/1/2018).

Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia lainnya dikabarkan statusnya terancam punah akibat penggundulan hutan yang dahsyat. Di Pulau Jawa sendiri hanya tumbuh satu jenis padma parasit, yakni Rafflesia padma.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT