Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

Teknologi yang Dibuat untuk Memudahkan Manula

Selasa, 02 Mei 2017 ~ Oleh operator1 ~ Dilihat 453 Kali

Kursi Roda Elektrik: Kursi roda yang dikendalikan dari smartphone

Para mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra, Surabaya memamerkan hasil karya mereka berupa kursi roda listrik yang dikendalikan secara remote dari smartphone.

Sebagai rangkaian dari tugas akhir mereka, kursi roda listrik ini dibuat untuk memudahkan para pengguna manula serta untuk membantu meringankan tugas anggota keluarga atau perawat orang tua tersebut.

Komponen dari kursi roda tersebut dikendalikan via modul komunikasi radio 2,5 GHz memanfaatkan controller serta driver motorik untuk menggerakkan kursi roda.

Pada produk ini telah tertanam pula modul GPS yang berfungsi mendeteksi lokasi jika kursi roda tersesat atau terlepas dari pandangan mata. Ada juga modul GSM yang berfungsi menerima pesan, serta aki bertegangan dua belas volt sebagai sumber energi untuk kursi ini.

Namun hingga kini, kursi roda tersebut masih dalam bentuk purwarupa dan masih terus disempurnakan. Para mahasiswa masih terus melakukan pengembangan dan nantinya akan menambahkan instrumen kamera untuk lebih mempermudah pelacakan posisi kursi roda.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT