Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

13 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula yang Tinggi

Kamis, 03 Mei 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 39 Kali

Cara alami menurunkan kadar gula yang tinggi - Sudahkah anda mengecek kadar gula darah anda? Jika kadar gula darah anda tinggi, maka beresiko terkena penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes, kadar gula darah sangat sulit dikontrol, hal ini karena penderita diabetes tak lagi mampu menghasilkan insulin secara cukup. Sehingga gula darah menjadi racun dan merusak organ tubuh.

Berbicara mengenai gula darah, memang ada banyak hal yang menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat bahkan secara drastis. Faktor yang paling berperan meningkatkan kadar gula darah yaitu pola hidup dan hormon. Keduanya sangat berpotensi meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Padahal glukosa sendiri sangat diperluikan tubuh agar kebutuhan energi bisa terpenuhi dengan baik.

Lantas bagaimana jika kadar gula darah sudah terlanjur meningkat dan tinggi? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkannya, tentunya dengan cara alami yang lebih aman. Berikut ini beberapa cara alami untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi:

  1. Minum air putih
    Air putih memiliki banyak manfaat yang tidak disadari oleh banyak orang, salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain menurunkan glukosa darah tinggi, aiir putih atau air mineral juga dapat digunakan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Minumlah air mineral atau air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.
  2. Mengurangi makanan manis
    Siapa yang tidak suka makanan manis? Sebagian besar orang suka makanan manis. Namun sangat dianjurkan bagi seseorang yang memiliki riwayat kadar gula tinggi untuk menghindari makanan manis. Hal ini karena makanan tersebut dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah bahkan seketika. Oleh sebab itu, kurangilah konsumsi makanan manis agar kadar gula darah dalam tubuh anda tidak meningkat dan tidak menjadi lebih parah.
  3. Olahraga
    Olahraga secara rutin memang menyehatkan tubuh baik dalam maupun luar. Bahkan bagi anda yang memiliki riwayat gula darah tinggi pun bisa perlahan normal jika melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga berat, hanya olahraga ringan seperti jalan-jalan, lari kecil, angkat beban ringan, dan olahraga ringan lainnya.
  4. Minum teh hijau
    Teh hijau memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, bukan hanya untuk kecantikan saja. Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin akan membantu menurunkan kadar gula darah secara perlahan. Anda cukup meminumnya secara rutin di pagi hari secangkir saja atau tepat sebelum Anda makan.
  5. Pare
    Pare memang memiliki rasa yang pahit, tidak banyak orang yang menyukai pare, hanya saja buah ini terkadang dijadikan sebagai obat alami, salah satunya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena buah atau sayuran pare mengandung beberapa nutrisi utama seperti phyto nutrient, folat, vitamin C, flavonoid, vitamin B komplek serat dan charntin. Senyawa tersebut dapat menyembuhkan diabetes.
  6. Bawang putih
    Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Berdasarkan studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih akan meningkatkan jumlah insulin pada orang yang menderita diabetes. Konsumsilah bawang putih dengan dicampurkan pada berbagai macam makanan.
  7. Alpukat
    Buah yang satu ini memang disukai banyak orang. Kandungan asam lemak tak jenuh di dalamnya merupakan komponen penting yang dapat mengelola kadar gula darah. Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Dengan mengkonsumsi alpukat juga akan membuat anda merasa kenyang atau puas setelah memakannya, selain itu juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan darah.
  8. Cuka
    Cuka memang memiliki rasa yang tidak enak karena rasa asamnya. Namun cuka memiliki manfaat yaitu dapat menghambat laju gula darah dan meningkatnya insulin, serta meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Berdasarkan penelitian, cuka memiliki kadar gula darah dan insulin yang normal. Anda juga bisa mengkonsumsi cuka apel secara rutin agar kadar gula darah anda menjadi normal.
  9. Kacang almond
    Kacang almond sangat baik untuk kesehatan jantung, kacang almon juga dapat membantu tubuh kita mengendalikan gula darah. Kandungan di dalamnya seperti magnesium, serat dan protein dapat membantu mengelola kadar gula darah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung sebagai cemilan atau sebagai campuran makanan lain.
  10. Brotowali
    Kadar gula darah yang tinggi juga dapat diturunkan secara perlahan dengan mengkonsumsi brotowali. Tanaman ini memiliki efek farmakologi: Analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas). Anda cukup menyiapkan 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan. Minumlah secara rutin.
  11. Lidah buaya
    Lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan rambut saja, tapi juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh anda, jadi sangat cocok bagi yang menderita diabetes. Lidah buaya memiliki efek farmakologi: Antiradang. Pencahar. Anda cukup menyiapkan beberapa lidah buaya dan dipotong-potong lalu rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3×1,5 gelas setiap habis makan. Minumlah secara rutin.
  12. Mahkota dewa
    Anda juga bisa memanfaatkan mahkota dewa untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tanaman ini memiliki efek farmakologi antiradang, obat disentri dan obat sakit kulit dan eksim. Anda cukup menyediakan 5 -7 iris buah mahkotadewa lalu seduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Lalu anda minumlah secukupnya dan secara rutin, jangan berlebihan.
  13. Mengkudu
    Selain mahkotadewa, anda juga bisa memanfaatkan buah mengkudu. Buah ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini karena mengkudu memiliki efek farmakologi yang dapat memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik. Anda cukup menyediakan 2 buah mengkudu masak. Lalu parut dan tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum. Minumlah secara teratur.

Demikianlah informasi tentang 13 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula yang Tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

 

sumber : manfaatcantiksehat.com

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT