Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

TAMAN NASIONAL SULAWESI

Senin, 24 Juli 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 375 Kali

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) berada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Maros, dan Kabupaten Pangkajene, Kepulauan (Pangkep).,  30 Km dari Kota Makasar.

            Taman Nasional Babul luasnya 43.759 hektar, didirikan tahun 2004, dan dikelola oleh Departemen Kehutanan R.I.  Di bagian Barat Taman Nasional Babul terdapat 75% wilayah cakupannya merupakan areal karst, sisanya 25%  berupa ekosistem non karst yang tersebar di bagian Selatan.

            Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memiliki keidahan alam yang khas, terdiri dari gua-gua dengan stalaknit dan stalakmit.  Di sini juga kita bisa mendapatkan lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun dan gua yang merupakan habitan berbagai speseis kupu-kupu.

            Konon, seorang ilmuan dari Inggris, Alfred Russel Wallace ketika berkunjung ke daerah ini ( 1856-1857), dia menemukan berbagai speseis kupu-kupu. Kekagumannya terhadap berbagai ragam kupu-kupu,  diceritakan dalam bukunya “ The Malay Archipelago”. Tak heran kalau kemudian Alfred Russel Wallace menamakan daerah ini sebagai The Kingdom of Batterfly. Saat itu menurut penelitiannya, tidak kurang terdapat 250 speseis kupu-kupu di kawasan ini.

            Ternyata, beberapa speseis unik dari kupu-kupu itu hanya terdapat di TN Babul, seperti antara lain: Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Oleh Pemerintah,  sejak tahun 1999 sedikitnya 20 jenis kupu-kupu khas dari daerah ini, dinyatakan dilindungi  (Peraturan Pemerintah No 7/1999).  Selain kupu-kupu, TN Babul memiliki sedikitnya 683 jenis tumbuhan dan 643 jenis satwa liar.

             Bukan saja kupu-kupu atau flora dan faunanya yang menarik di TN Babul, tetapi juga ekowisatanya. Di kawasan TN Babul terdapat lebih dari 80 gua alam dan gua prasejarah, serta air terjun Bantimurang dan banyak lagi yang lainnya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT