Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

TAMAN NASIONAL (SUMATRA)

Jum'at, 03 Maret 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 428 Kali

Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo berada di Propensi Riau, tepatnya di kecamatan Ukui, Kabupaten  Pelalawan dan kabupaten Indragiri Hulu. Taman  Nasional yang luasnya 38.576 hektar ini diresmikan tanggal 19 Juli 2004.

Taman Nasional Tesso Nilo merupakan  hutan dataran rendah dan  tempat pelestarian gajah sumatra serta juga sebagai tempat pelestarian habitat harimau sumatra. Hutan di kawasan ini sangat kaya dengan berbagai keanekaragaman hayati .

 Menurut penelitian Center for Biodiversity Management dari Australia ( 2001) di petak seluas 200 m persegi terdapat 218 jenis tumbuhan Vascular. Penelitian lainnya (2003) dilakukan oleh LIPI  dan WWF pada petak sampel berukuran satu hektar, ditemukan 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku.  Dalam penelitian LIPI pada tahun yang sama, ditemukan tidak kurang 83 jenis tumbuhan bahan obat dan 4 jenis tumbuhan untuk pembuatan racun ikan. Tanaman obat antara lain jenis pagago ( Centella Asiatical) dan Patalo Bumi ( Eurycoma Longifolia).

Beberapa jenis tumbuhan yang hampir punah dari kawasan Tesso Nelo menurut daftar dari red list of IUCN adalah:  Kayu batu ( Irvingia malayana),  kempas ( Koompasia Malaccensis), jelutung ( Dyera Polyphylla), kulin (Scorodocarpus borneensis),tembesu ( fagraea fragrans), gaharu (  Aquilaria malaccensis), ramin ( Gonystylus bancanus),  keranji ( Dialium spp), keruing (  Dipterocarpus spp),   dan durian ( Durio spp).  Dengan terjadinya pembakaran hutan setiap tahun jumlah kayu makin banyak yang punah dimakan api.

Kawasan hutan di Taman Nasional Tesso Nilo meiliki iklim basa dan kering sehingga di kawasan ini hidup beberapa satwa liar, seperti gajah sumatra ( Elephas maximus sumatranus), harimau sumatra ( Panthera Tigris sumatrae),  tapir ( Tapirus indicus), rusa ( Cevrus Timorensis),  siamang ( Hylobathes sydactylus syndactylus), beruang madu ( Helarclos malayanus malayanus).

Taman nasional Tesso Nilo juga merupakan habitat gajah sumatra yang cuku penting.  Menurut penelitian WWF bersama LIPI masih terdapat ratusan gajah di kawasan ini dan di Bukit Tigapuluh.

Hewan lain yang terdapat di Taman Nasional Tesso Nilo  adalah 109 jenis burung, 25 jenis mamalia, 50 jenis ikan, 15 jenis reptalia, dan 18 jenis amfibia. Kondisi ini sebelum tahun tahun 2000. Kondisi saat ini sudah sangat mengecewakan dengan terjadinya penebangan liar dan berubahnya hutan menjadi perkebunan sawit, serta pembakaran hutan yang sangat merusak semua habitat baik flora maupun fauna dan termasuk rusaknya lingkungan.            

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT