Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

TAMAN NASIONAL (SUMATRA)

Jum'at, 24 Februari 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 393 Kali

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)  memiliki luas 1.094.692 hektar, terletak di dua Propensi, yaitu Propensi Aceh dan Propensi Sumatra Utara.  Bagian yang berada di Propensi Aceh meliputi  Kabupaten Aceh Barat Daya,  Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara,  Gayo Lues, dan Aceh Tamiang. Bagian lain yang berada di wilayah Propensi Sumatra Utara, meliputi Kabupaten  Dairi, Karo, dan Langkat.

Nama “Leuser” diambil dari nama gunung Leuser yang mempunyai ketinggian 3.404 meter dari permukaan laut.  TNGL meliputi ekosistem asli dari pantai barat sampai pegunungan.   Terdiri dari hutan pantai dan hutan  hujan tropis, karena itu sangat ideal untuk tujuan penelitian,  pendidikan, budaya, dan parawisata. Di dalam kawasan TNGL terdapat beberapa sungai, danau, dan sumber air panas. Sejumlah satwa langka terdapat di kawasan ini seperti:  orang hutan sumatra (Pongo pygmaeus abellia), Sarudung ( Hylobates lar),  harimau sumatra ( Panthera tigris sumatrae),  siamang (Hylobates sydactilus), monyet ekor panjang ( Macaca fascicularis), beruk ( Macaca nemestriana), kedih ( presbytis thomasi), macan dahan ( Neofelis nebulosa) beruang madu ( Nelarctos malayanus),  gajah sumatra (Elephas maximus),  rangkong papan ( Buceros bicornis),  badak sumatra (Dicerorhinus sumatrarensis),  rusa sambar ( Cevrus unicor), ajag ( Cuon Alpinus). 

Diperkirakan ada 325 jenis burung terdapat di Taman Nasional Gunung Leusur. Beberapa di antaranya: burung rangkong badak ( Buceros rhinoceros). Jenis reptelia dan ampibia  terdapat di kawasan ini seperti ular bebisa dan buaya (Crocodillus sp).  Ikan yang hidup di sini  antara lain ikan jurung ( Tor sp), ikan endemik Sungai Alas yang panjangnya mencapai satu meter.     

Beberapa tumbuhan langka yang terdapat di TNGL antara lain:  bunga raksasa Rghezanthes zippelnii,  berdiameter 1.5 meter, bunga Rafflesia, dan daun payung raksasa.

Taman Gunung Gunung Leuser sudah resmi  menjadi Taman Nasional sejak tahun  1980. Dan pada tahun 2004 Taman Nasional Gunung Lesuser bersama sejumlah Tanman Nasional Indonesia lainnya, dinyatakan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.  Sejak itu pula Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser memiliki tiga fungsi: pelindungan sistem penyangga kehidupan, pelestarian fauna dan flora langka, dan pemanfaatan  secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.   

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT