Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

Taman Nasional (Sumatra)

Selasa, 14 Februari 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 473 Kali

Taman Nasional Bukit Duabelas

Taman Nasional Bukit Duabelas terletak diwilayah tiga kabupaten, yaitu: Kabupaten Soralangun, Muara Tebo, dan Kabupaten Batanghari, di Propensi Jambi. Awalnya Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan cagar Biosfer ( 1987), kemudian berubah menjadi Taman Nasional (2000)  dengan menggabungkan kawasan cagar alam biosfer Bukit Duabelas, Hutan propduksi Terbatas Serengam Hulu, Sebagian hutan Produksi Tetap Serengan Hilir, dan penunjukkaan sebagian Areal Penggunaan lain yang terletak di Kabupaten Sarolangon Bangko, Batanghari, dan Bungo Tebo,  di Provensi Jambi.

Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan perwakilan bagi hutan hujan tropis di Propensi Jambi. Bagian utara merupakan hutan hujan primer, sisanya berupa hutan sekunder. Sebagai akibat dari penebangan hutan, taman Nasional Bukit Duabelas dikembangkan menjadi 6 sisitem zonanasi:  Zona inti, Zona Rimba, Zona Penfaatan Tradisional, Zona Penfaatan Terbatas, Zona Pariwisata Alam, dan Zona Rehabilitasi.

Di kawasan ini banyak terdapat sungai dan anak sungai merupakan daerah tangkapan  air bagi aliran sungai Batanghari.

Keadaan topografi Taman Nasional Bukit Duabelas ini datar sampai bergelombang sedang, dengan bukit dan gunung seperti : Bukit Suban, Sungai Punai, Gunung Panggang dan Bukit Kuran.

Taman Nasional Duabelas merupakan Kawasan Lindung  yang punya keunikan sendiri, karena keberadaannya tak terlepas dengan kehidupan  masyarakat tradisional Suku Kubu atau lebih dikenal dengan orang Rimba.

Suku Kubu yang ada di sini sudah mendiami hutan puluhan tahun. Suku Anak Dalam menyebut hutan di Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai tempat pengembaraan. Mereka sangat menghargai alam dan untuk itu mereka saling memberi,  saling memelihara, dan saling menghidupi. Suku Kubu tidak pernah berbuat merusak lingkungan, tetapi sebaliknya sangat mencintai dan menjaganya.  Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, orang Rimba hidup dari berburu babi, menangkap ikan, mencari madu atau menyadap karet untuk dijual.

Jenis tumbuhan yang terdapat di kawasan ini  antara lain:   kayu meranti           ( Shorea sp), menggeris( Koompassia excels),jernang( Daemonorops draco), damar (Agthis sp), rotan(Calamus sp), dan  120 jenis tumbuhan obat, termasuk cendawan.

Hewan langka dan dilindungi yang terdapat di darah ini seperti : siamang(Hylobates syndactylus) , beruk (Macaca nemestrina), macan dahan ( Neofelis nebulosa diardi), beruang madu ( Helarctos malayanus), kijang ( Muntiacus muntjak montanus), meong congkok(Prionailurus bengalensis sumatrana), ajag (Cuon  alpinus sumtrarensis), kelinci sumatra (Nesolagus netscheri), elang ular bido (Spilornis cheela malayensis), dan lainnya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT