Pondok Pesantren Ar Rhaudha Seluma

Jl. Merdeka Tais No. 85

-

Sleep Therapy: Makna Tidur untuk Kesehatan

Rabu, 13 September 2017 ~ Oleh operator2 ~ Dilihat 428 Kali

Kita semua tahu, bahwa Tuhan menciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk tudur (istirahat). Kerapkali banyak di antara kita yang melawan ketentuan hukum alam, seperti bekerja pada malam hari  terus menerus dan tidur pada siang hari. Banyak dari mereka menganggap bahwa yang penting jumlah tidurnya tidak kurang dari 8 jam per hari.
Sebenarnya, kualitas tidur jauh lebih penting daripada jumlah jam atau lamanya tidur. Tidak akan pernah sama kualitas tidur pada malam hari dengan tidur  siang hari, walaupun jumlah jam tidurnya sama.
Perlu disadari bahwa perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dalam tubuh umumnya dilakukan ketika istirahat  atau tidur. Maka, apabila kita sering kurang tidur atau tidak memiliki kualitas tidur yang baik, cepat atau lambat akan mengganggu stabilitas daya tahan tubuh kita dan memicu munculnya penyakit dengan mudah.
Seorang pemimpin perusahaan yang sering kurang tidur, maka ia akan kurang bijak dalam memimpin perusahaan atau mengontrol pegawainya, karena kualitasa fisik, mental dan emosional  bisa sangat dipengaruhi oleh baik atau tidaknya kualitas tidur seseorang . Begitu pula, hal itu berlaku untuk setiap orang dengan profesi apa pun.
Kesimpulannya, kualitas kerja sangat bergantung pada kualitas tidur setiap orang, apakah ia seorang pelajar, guru, petani, atau pengusaha. Setiap orang harus belajar mengoptimalkan kualitas tidurnya kalau ia mau mencapai sukses yang lebih baik.
Bagaimana cara Mengoiptimalkan Kualitas tidur kita
Banyak orang berusaha memperbaiki kualitas tidur dengan  cara yang salah, seperti mengkonsumsi berbagai obat tidur, baik obat tradisional maupun obat kimia sentetis dengan resep dokter. Walaupun obat tidur bisa membantu sementara waktu, tetapi ia tidak untuk memperbaiki kualitas tidur kita.
 Tips tidur optimal
1.    Lakukan olahraga secara teratur minimal setiap dua hari sekali hingga berkeringat. Apabila anda sering mengalami sulit tidur, lakukan itu pada sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk pada malam harinya untuk memudahkan rasa kantuk.
2.    Hindari mengkonsumsi banyak air menjelang tidur. Minumlah dua atau empat jam sebelum tidur agar tidur tidak terganggu oleh seringnya buang air kecil pada malam hari.          
3.    Hindari mengkonsumsi makanan padat pada malam hari. Sebaiknya empat jam sebelum tidur sudah berhenti makan. Jika masih terasa lapar, sebaiknya makan buah-buahan saja. Kebiasaan makan makanan padat menjelang tidur akan mengnggu kualitas tidur dan bukan hanya itu, proses pengolahan makanan tidak berjalan dengan baik pada saat tidur. Ketika tubuh istirahat pada malam hari,  energi tubuh yang seharusnya dipakai optimal untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak menjadi tidak maksimal, karena sebagian terkuras untuk mengolah makanan. Akibatnya kita merasa sering tidak segar dan badan terasa pegal-pegal ketika bangun tidur.   
4.    Berdo’a dan akhiri aktivitas kita dengan senyuman sebelum tidur. Ajaklah tubuh kita tersenyum walaupun hanya beberapa saat menjelang tidur dan menenangkan pikiran kita.

[Husen A. Bajri, M.D., Ph.D.]

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT